Biaya Masuk SD di Jakarta Timur dan SPP Bulanannya

Daftar isi [Tampil]

Bagaimana persiapan Anda dalam menyambut buah hati yang tahun ini sudah masuk SD? Apakah sudah menemukan sekolah yang tepat atau justru masih bingung doal biaya masuk SD dan SPP bulannya? 

buahati islamic school salah satu sd unggulan di jakarta timur
buahati islamic school salah satu sd unggulan di jakarta timur

Jangan risau, artikel di bawah ini akan membantu Anda yang tengah mencari informasi soal biaya masuk SD di wilayah Jakarta Selatan. Ada setidaknya 10 nama sekolah dengan keunggulan dan rincian biaya yang bisa Anda jadikan pertimbangan. 

Biaya Masuk SD dan SPP Bulanan Untuk Wilayah Jakarta Timur

Tak hanya memberikan informasi terkait biaya masuk dan SPP, Anda juga bisa membaca review dari masing-masing sekolah:

1. SD Global Islamic School

Beralamat di Jl. Condet Raya No.5, Kramat Jati Jakarta Timur, SD Global Islamic School masuk dalam daftar sekolah favorit. Selain unggul dengan sistem pembelajaran modern, sekolah ini juga menyediakan fasilitas lengkap seperti science lab, studio musik, kolam renang, sport area, clinic, masjid dan lain sebagianya. 

Selain menerapkan sistem KNP bermuatan Islam, semua siswa-siswi juga dibiasakan untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. GIS juga menerapkan sistem pembelajaran yang kreatif dan inovatif dimana guru memiliki peran sebagai edukator, motivator, fasilitator, evaluator dan dinamisator.

Terakhir, untuk siswa-siswi yang bersekolah di GIS berkesempatan untuk mengikuti program belajar ke Singapura, Australia dan Inggris. Jika Anda ingin menyekolahkan si kecil di SD Global Islamic School, maka perlu menyiapkan biaya dengan rincian berikut:

  • Biaya formulir pendaftaran: Rp. 550.000
  • Biaya pengembangan/uang gedung:  Rp. 30.000.000
  • SPP bulanan: Rp. 1.850.000

Selain biaya di atas, masih ada tambahan lain seperti biaya BKOMG Rp. 250.000/th, biaya Keg. Rp. 2.785.000/th dan biaya perlengkapan Rp. 4.350.000/th. Sehingga jika di total secara keseluruhan mencapai Rp. 40.285.000. 

2. Kinderfield Primary Duren Sawit

Selanjutnya ada rekomendasi SD swasta di Jakarta timur yaitu Kinderfield Primary Duren Sawit. Sekolah ini dulunya berlokasi di kawasan Mall Ambassador Kuningan, Jaksel, sebelum akhirnya pindah ke Jl. Rawa Domba No.88, Duren Sawit Jakarta Timur. 

Moto dari sekolah ini adalah menciptakan suasana belajar berkualitas untuk membentuk generasi yang memiliki tanggung jawab untuk hidup mereka. Untuk mensukseskan misi tersebut, Kinderfield Primary Duren Sawit menerapkan beberapa program unggulan seperti:

  • Memberi bimbingan kepada siswa untuk selalu bertanggung jawab atas semua keputusan yang telah ia ambil
  • Membantu siswa untuk selalu berpikir multiperspektif dalam menghadapi era globalisasi
  • Membekali siswa dengan kemampuan untuk selalu berfikir kritis atas informasi apa saja yang ia terima
  • Membantu siswa untuk memiliki pola pikir yang terstruktur dalam memecahkan masalah untuk kehidupan mereka selanjutnya. 

Selain program di atas, sekolah ini juga memiliki beberapa agenda tahunan seperti pekan amal, produksi musik sekolah, hari olahraga dan pekan anti-intimidasi. Untuk bisa bersekolah di Kinderfield Primary Duren Sawit, Anda harus menyiapkan biaya dengan rincian sebagai berikut:

  • Biaya formulir pendaftaran: Rp. 500.000
  • Biaya pengembangan/uang gedung:  Rp. 47.000.000
  • SPP bulanan: Rp. 4.200.000

Untuk biaya tambahan yang harus dibayarkan adalah books and activity senilai 4.500.000/th dan regristatuain fee sebesar Rp. 2.500.000. Sehingga jika ditotal biaya masuknya sekitar Rp. 58.700.000. 

3. Embun Pagi Islamic School

Ketiga ada Embun Pagi Islamic School milik Yayasan Multi Vorinta yang beralamat di Jl. Raya Kapin No.8, Kalimalang Jakarta Timur. Berdiri sejak tahun 2005, Embun Pagi Islamic School memiliki tiga unsur pendidikan mulai dari TK, SD hingga SMP. 

Misi dari sekolah ini sendiri adalah mewujudkan anak didik yang memiliki akhlak Islami serta unggul dalam pendidikan. Embun Pagi Islamic School menerapkan sistem belajar yang efektif dan menyenangkan untuk semua siswa-siswinya. Jika Anda ingin menyekolahkan si kecil disini, berikut adalah rincian biaya masuknya:

  • Biaya formulir pendaftaran: Rp. 650.000
  • Biaya pengembangan/uang gedung:  Rp. 29.000.000
  • Uang SPP: Rp. 2.700.000/th

Selain biaya diatas, calon siswa juga biaya tambahan untuk uang fasilitas Rp. 3.800.000/th, uang pendidikan senilai Rp. 2.000.000/ th dan uang komite Rp. 350.000/th. 

4. SD Islam Al-Azhar 20 Cibubur

Bagi Anda yang tinggal di kawasan Jakarta Timur pasti sudah tidak asing lagi dengan SD Islam Al-Azhar 20 Cibubur. Ini adalah sekolah Islam di Indonesia yang saat ini sudah mendapatkan akreditasi A.

SD Islam Al-Azhar 20 Cibubur memiliki visi untuk mewujudkan insan religius, kompetitif dan kreatif. Sementara untuk sistem pembelajarannya sendiri dibantu oleh tenaga pendidik yang berkualitas dan tentunya bersertifikat. 

Beralamatkan di Jl. H. Abdul Rahman No. 9, Cibubur, Ciracas Jakarta Timur, SD Islam Al-Azhar 20 Cibubur menyediakan beberapa program unggulan seperti kelas hafidz, pembelajaran IT dan bilingual. Untuk biaya administrasi, sekolah ini menerapkan rincian sebagai berikut:

  • Biaya formulir pendaftaran: Rp. 350.000
  • Biaya pengembangan/uang gedung:  Rp. 25.000.000
  • SPP bulanan: Rp. 1.750.000

Selain biaya di atas, ada biaya tambahan lain yaitu uang seragam sebesar Rp. 1.400.000 dan buku paket senilai Rp. 1.750.000. Sehingga jika di total biaya keseluruhan mencapai Rp. 29.750.000. 

5. SDIT BUAHATI ISLAMIC SCHOOL

Berdiri sejak tahun 2001, SDIT Buah Hati Islamic School menjadi pilihan terbaik untuk buah hati. Sama seperti sekolah Islam lainnya, SDIT Buah Hati menggunakan sistem pembelajaran modern dan masih berporos pada kaidah Islam. 

Dalam metode pembelajarannya, sekolah ini menerapkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Semua materi yang diajarkan juga sudah disesuaikan dengan kemajuan masing-masing siswa dan siswi. Untuk kelancaran sistem pendidikan, SDIT Buah Hati menerapkan biaya administrasi dengan rincian sebagai berikut:

  • Biaya formulir pendaftaran: Rp. 450.0000
  • Uang pangkal:  Rp. 10.800.000
  • SPP bulanan: Rp. 995.000

Biaya diatas belum termasuk biaya pengembagan gedung sebesar Rp. 8.550.000. Sehingga jika ditotal biaya masuknya sekitar Rp. 20.800.000. 

6. Nabawi Islamic School

Masih dengan sekolah Islam di Jakarta Timur, kali ini ada Nabawi Islamic School yang beralamat di Jl. Sawo Raya No. 24 Rawamangun, Kec. Pulo Gadung Jakarta Timur. Telah mendapatkan akreditasi A, sekolah ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas unggulan seperti akses internet yang stabil, ruang belajar yang menyenangkan dan proses belajar yang sesuai kaidah Islam. 

Untuk kurikulumnya sendiri, Nabawi Islamic School  menggunakan kurikulum Tahfidz Al-Quran. Ketika sudah lulus sekolah semua anak didik diharapkan dapat menjadi insan yang benar-benar dekat dan memahami Al-Quran. Untuk rincian biaya masuk dan Nabawi Islamic School  menerapkan rincian biaya administrasi sebagai berikut:

  • Biaya formulir pendaftaran: Rp. 1000.000
  • Biaya pengembangan/uang gedung:  Rp. 49.000.000
  • SPP bulanan: Rp. 2.600.000

Selain biaya di atas, calon anak didik di Nabawi Islamic School juga diwajibkan untuk membayar biaya tambahan sekitar Rp.8.500.000. Sehingga jika ditotal biaya masuknya mencapai  59.950.000. 

7. SDS Harapan Prestasi

Berdiri sejak tahun 2013, SDS Harapan Prestasi mengedepankan sistem pembelajaran dengan kurikulum Internasional. Visi dari sekolah ini adalah mewujudkan sebuah sekolah yang unggul dalam segi prestasi, berkompetisi global, berketuhanan YME dan berwatak Indonesia. 

Dalam mewujudkan visi dan misinya, SDS Harapan Prestasi dilengkapi dengan fasilitas super lengkap plus peralatan yang memadai. Selain itu, siswa-siswi juga akan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan berbagai kegiatan lainnya. Untuk Anda yang tertarik menyekolahkan buah hati di SDS Harapan Prestasi, berikut rincian biaya yang perlu disiapkan:

  • Biaya formulir pendaftaran: Rp. 500.000
  • Biaya masuk:  Rp. 28.000.000
  • Biaya pengembangan per tahun: Rp. 4.500.000
  • SPP bulanan: Rp. 1.888.000

Tidak ada biaya tambahan yang harus dibayarkan untuk calon murid baru. Sehingga jika ditotal biaya masuk di SDS Harapan mencapai Rp. 34.888.000.

8. Sekolah Global Mandiri Jakarta

Global Mandiri adalah sekolah swasta yang menggunakan Kurikulum Nasional berbasis English Environment. Selain membiasakan seluruh murid untuk aktif berbahasa Inggris, sekolah ini juga memiliki misi untuk saling menghargai keberagaman dan kebinekaan kepada semua anak didiknya. 

Sekolah Global Mandiri mengedepankan sistem pembelajaran yang dirancang untuk mengopromalan ponytess anak didik, mulai dari skill, attitude dan knowledge. Di tahun ajaran baru ini, Global Mandiri membuka pendaftaran dengan rincian  biaya masuk dan administrasi lain sebagai berikut:

  • Biaya formulir pendaftaran: Rp. 600.000
  • Biaya pengembangan/uang gedung:  Rp. 36.635.000
  • SPP bulanan: Rp. 1.250.000

Sama seperti sekolah lain, calon siswa juga dikenakan biaya tambahan sekitar Rp. 5.170.000. Sehingga jika ditotal biaya keseluruhannya adalah Rp. 42.405.000. 

9. Sekolah Noah

Di nomor selanjutnya ada Sekolah NOAH yang berdiri sejak tahun 2007 dan berada di bawah naungan Yayasan Del. Sekolah ini memiliki tiga tingkat pendidikan yaitu Playgroup, TK dan SD. 

Moto dari sekolah ini adalah menjadikan anak didik yang kuat iman, memiliki hati nurani, saling mengasihi tanpa membedakan agama, RAS atau suku lain. Selain itu, semua siswa juga dipersiapkan untuk memiliki prestasi akademik, perilaku positif dengan berandalan iman dan toleransi. Sama seperti yang lain, Sekolah yang beralamat di Jl. Kaliasri, No.15, Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur ini juga menerapkan sistem biaya administrasi dengan rincian sebagai berikut:

  • Biaya formulir pendaftaran: Rp. 500.000
  • Biaya pengembangan/uang gedung:  Rp. 30.000.000
  • SPP bulanan: Rp. 1,8.00.000

Menurut informasi, Anda juga harus menyiapkan dana untuk lain-lain sekitar Rp.2.000.000. Sehingga jika dikalkulasi, biaya masuk SD NOAH adalah sekitar Rp. 34.000.000. 

10. SDIT Ar Ridho

Terakhir ada SDIT Ar Ridho yang beralamat di Jl. Pondok Kelapa XII Blok G4, No. 11 Pondok Kelapa Duren Sawit Jakarta Timur. SDIT ini masuk dalam kategori sekolah swasta terbaik dengan sistem pendidikan modern bernilai keislaman. 

Semua siswa-siswi di SDIT Ar Ridho akan diikutsertakan dalam program tahsin dan tadarus rutin. Selain itu, sekolah ini juga menggunakan metode pembelajaran Realistic dan Nalariah guna memudahkan dalam belajar matematika dengan Tuhan. Untuk menyekolahkan putra-putri di SDIT Ar Ridho, Anda harus menyiapkan biaya masuk dengan rincian sebagai berikut:

  • Biaya formulir pendaftaran: Rp. 500.000
  • Biaya pengembangan/uang gedung:  Rp. 15.945.000
  • SPP bulanan: Rp. 1.250.000

Tak sama dengan yang lain, di sekolah ini tidak ada biaya tambahan yang harus dibayarkan calon siswa baru. Sehingga jika ditotal, biaya masuknya sekitar Rp. 17.695.000.