Cara Buat Suara Google Wanita di CapCut, Cocok untuk Konten TikTok Kekinian!

Daftar isi [Tampil]

Mengubah teks menjadi suara atau biasa disebut sound of text atau text to speech kini bisa dilakukan langsung di aplikasi CapCut. CapCut adalah aplikasi edit video yang populer dipakai di perangkat Android. Banyak fitur keren di sana, dan bisa dipakai oleh HP spek rendah sampai tinggi.

cara buat suara google di aplikasi capcut untuk konten tiktok
cara buat suara google di aplikasi capcut untuk konten tiktok

Salah satu fitur terbarunya adalah mengubah teks menjadi suara. Fitur ini dapat digunakan sebagai pengganti pengisi suara manusia pada video-video Anda. Berikut adalah cara menggunakan sound of text di aplikasi CapCut.

Cara Mengubah Teks Menjadi Suara Google di CapCut

Di aplikasi ini ada sekitar 4 jenis suara yang bisa dipakai. Bahasa yang didukung adalah Bahasa Inggris dan Indonesia. Untuk sound of text berbahasa Inggris, kita disediakan 3 jenis suara, sementara yang Bahasa Indonesia menyediakan 1 jenis suara, dan itu suara wanita.

  1. Langkah pertama, buka aplikasi CapCut lalu masuk ke menu 'Teks'
  2. Klik 'Tambahkan Teks' kemudian ketik teks yang akan diubah menjadi suara
  3. Setelah itu klik tanda centang. Untuk mengubahnya menjadi suara, pilih menu 'Teks ke Suara'
    cara pilih suara google di aplikasi capcut
    cara pilih suara google di aplikasi capcut
  4. Kemudian pilih jenis suara. Gunakan 'Suara Wanita' untuk teks berbahasa Indonesia
  5. Klik tanda centang
  6. Tunggu prosesnya sebentar
  7. Setelah itu akan keluar suara Google dari video Anda

Adapun beberapa tips menggunakan text to speech dari CapCut ini agar hasil maksimal, simak tipsnya dari Griyawisata.com dibawah ini.

Tips Mengubah Teks Menjadi Suara di Aplikasi CapCut

Tips #1: Setelah menyelesaikan tahapan mengubah teks menjadi suara, berikutnya Anda mungkin dibingungkan oleh teks yang menutup layar video. Jangan menghapus teks tersebut, karena akan membuat suaranya ikut menghilang. Cara supaya teks tersebut tidak kelihatan bisa dengan menurunkan opasitas teks menjadi 0. Menu pengaturan opasitas ada di bar menu yang sama saat Anda memasukkan teks.

Tips #2: Supaya hasil suara terdengar lebih alami, manfaatkan tanda baca seperti titik, koma, tanda seru, tanda tanya, dan manfaatkan juga tombol enter untuk membuat paragraf baru. Tanda baca ini berguna untuk membuat jeda saat robot membaca teks kita.

Tips #3: Kita bisa mengatur cepat lambatnya pelafalan. Caranya dengan masuk ke fitur 'Audio', lalu ketuk deret audio dari hasil kompresi teks ke suara. Klik audio tersebut kemudian di bar bawah akan muncul daftar pilihan pengaturan seperti volume, bagi, hapus, kecepatan, pudar dan salin. Apabila ingin mengatur bagian kecepatan, Anda tinggal masuk ke menu 'Kecepatan'. Geser ke kanan dan kiri untuk memilih cepat lambatnya pelafalan.

Tips #4: Tidak semua teks yang kita masukkan dibaca dengan baik oleh robot Google. Adakalanya cara membacanya salah. Contoh kasusnya begini, kata "Contoh" dibaca menjadi "Kontoh" oleh robot Google CapCut. Supaya kata tersebut dibaca dengan cara yang benar, Anda dapat menambahkan suku kata lain, atau mengejanya menjadi "Chontoh". Silakan dicoba, hasil suaranya nanti bakal lebih sama dengan yang kita harapkan.

Lihat juga: Sound of text WA Bahasa Indonesia

Keunggulan fitur suara Google di Capcut ini terletak pada kepraktisannya. Kalian tidak perlu memanfaatkan aplikasi atau situs pengubah teks menjadi suara karena Anda bisa mengubahnya langsung di dalam aplikasi pengedit video ini.

Kekurangannya, variasi suaranya sedikit. Tidak ada suara kartun, meniru suara tokoh, suara pria, dan pilihan bahasanya sangat sedikit. Sebenarnya di sana cuma tersedia Bahasa Inggris, tapi karena ada satu robot yang cocok memakai bahasa Indonesia, maka dipakailah suara tersebut.